Peluang Bisnis Boneka Rumput Hidup Horta


Peluang bisnis boneka “Rumput Hidup” Horta di Indonesia saat ini sangat menjanjikan sekali, tentunya bukan isapan jempol belaka, mengingat keunikan  dan prospeknya sangat terbuka lebar. Boneka rumput Horta awalnya memang hanya dipasarkan di lingkungan kampus IPB saja, namun seiiring dengan semakin meluasnya para peminat boneka ini maka tidak heran bilamana boneka Horta mulai merambah kemana-mana.  Boneka horta ini pernah menjadi salah satu finalis dalam ajang Innovative Entrepreneurship Challenge tahun 2006 di Kampus IPB.

Boneka "Rumput Hidup" Horta
Adalah Asep Rodiansah yang merupakan alumni mahasiswa Agronomi dan Hortikultura IPB  beserta kawan-kawan yang menjadi pencetus dalam membuka peluang bisnis boneka rumput hidup Horta. Boneka rumput ini sebenarnya bukan murni atau asli ide dari Asep Rodiansah karena sebelumnya mereka sudah mengetahui  bahwa ada boneka rumput yang berasal dari Nederland, tetapi karena benih serta  bahan yang dipergunakannya berbeda sehingga cara pembuatannya juga berbeda. Sedangkan nama Horta berasal dari kependekan kata Hortikultura dimana merupakan nama dari fakultas di IPB tempat Asep Rodiansah menuntut ilmu.

Menurut pembuatnya, media untuk pertumbuhan sekaligus sebagai pembentuk boneka rumput hidup ini berasal dari limbah serbuk gergaji namun dari jenis kayu tertentu dan mudah diperoleh. Akan tetapi untuk jenis rumput yang dipergunakan bukan berasal dari jenis rumput biasanya karena tidak semua jenis rumput dapat diaplikasikan ke kepala boneka Horta tersebut, dan  harga jenis rumputnya juga agak mahal. Uniknya jenis rumputnya yang berfungsi sebagai rambut boneka Horta ini dapat dibuat berwarna pirang, merah dan sebagainya. Tentunya memerlukan teknologi yang dananya agak mahal.

Keunikan dan keistimewaan Boneka horta :
·           Sebagai mainan yang bersifat edukasi untuk pengenalan pertanian bagi anak-anak, mendidik sekaligus tampak lucu dan menarik.
·           Pembeli boneka ini sangat beragam mulai dari anak TK hingga mahasiswa/orang dewasa.
·           Memliki bermacam macam model  bahkan ada yang tergolong limited edition.
·           Boneka ini layaknya boneka biasa namun memiliki media tanam yang telah diberi benih beserta bahan-bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan (media hidroponik)
·           Boneka ini agar tampil baik maka awalnya harus direndam dalam air selama satu jam/lebih dengan posisi terbalik, selanjutnya harus disiram minimal dua kali sehari. Maka pada hari ketiga atau paling lama satu minggu akan mulai tumbuh kecambah di atas kepala boneka dan seterusnya jadilah boneka dengan rambut kepala yang bisa tumbuh panjang dan dapat di bentuk/dipotong layaknya rambut kita.

Boneka Rumput Horta ini biasanya paling lama mampu bertahan hingga 3 bulan hal ini dikarenakan media yang dipergunakan juga terbatas sehingga tidak mampu tumbuh dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian PeluangBisnis Boneka Rumput Hidup Horta semakin menjanjikan.

No comments:

Post a Comment