Tips Menghitung Sedekah-Infaq-Zakat dari Hasil Usaha


Dalam Agama Islam sedekah merupakan suatu istilah dimana memiliki makna yang luas dari setiap kebajikan yang kita lakukan. Oleh karena itu senyuman yang kita berikan kepada teman kita, relasi usaha serta para konsumen kita, maka dalam pandangan Islam disebut juga sebagai sedekah. Demikian juga untuk setiap perkataan yang baik (tidak menyakiti hati orang lain) akan dihitung sebagai suatu sedekah.

Tetapi dalam penggunaannya sehari-hari sering kita mendengar bahwa  istilah sedekah lebih dimaksudkan untuk menunjukkan kepada arti amal kebajikan dengan memberikan harta kepada orang lain. Padahal makna sedekah itu sendiri tidak demikian.  Adapun infaq memiliki makna lebih sempit dibandingkan dengan sedekah, dimana pengertian infaq lebih ditujukan untuk amal kebajikan dengan mengeluarkan harta kita untuk orang lain.

Zakat dalam fiqih lebih merupakan sebuah kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat Islam dengan menyisihkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada kelompok orang tertentu dengan jumlah tertentu dan dalam waktu tertentu juga.  Dalam Islam pengaturan demikian sudah ada ketentuannya.

Jika usaha kita adalah perdagangan maka besarnya zakat yang harus dibayar adalah 2,5 % dari modal usaha dan pembayarannya dilakukan saat memulai usaha. Akan tetapi beberapa ulama berpendapat bahwa zakat dibayarkan setelah mencapai satu tahun dari net  profit bila keuntungan usaha kita minimal sama dengan harga emas  93,6 gram yang berlaku saat usaha kita berjalan.

Untuk menghitung sedekah atas usaha yang kita lakukan maka sedekah yang akan dikeluarkan tentunya tidak mengenal batasan waktu dan jumlahnya.  Besarnya sedekah mestinya dapat disesuaikan dengan besar kecilnya penghasilan dari usaha tersebut. Sebaiknya semakin besar penghasilan yang diterima maka harus semakin besar sedekah yang dikeluarkan dan perlu diingat ketika usaha kita dalam keadaan lesu tetaplah bersedekah walaupun besarnya harus disesuaikan dengan kondisi usaha kita.

Dalam berbagai pengalaman, ketika berbagai masalah muncul seperti usaha yang sedang merosot, omset yang menurun maka rumusan sedekah di atas akan menjadi  pengundang keberkahan usaha dan menjad solusi dalam menghadapi permasalahan.

No comments:

Post a Comment